Thursday, April 14, 2016

KEMULIYAAN HAAMILUL QUR'AN (Penghafal Al-Qur'an)

Sumber : FB Thoriqoh Yanbu'a
AKU ORA KEPINGIN MULYAKNO AWAKMU, TAPI AKU PINGIN HURMAT MARANG ALQUR'AN SENG ONO NOK NJERO NING ATIMU
Disampaikan oleh :
Syaikhona Romo KH. Manshur Maskhan

غفراللهُ لهُ ذنوبهُ الفاتحه.......
dalam sebuah pengajian kitab ATTIBYAN FII ADABI HAMALATIL QUR'AN...
Beliau menerangkan sebuah Hadits dimana Hadits ini supaya diperhatikan untuk orang yang bukan seorang Haamilul Qur'an.

حامِلُ القُرأن حامِلُ رايَةالإسلام
فمن أكرمَهُ فقَد أكرمَ الله
فمن ءاهَنَهُ فَعَلَيهِ لَعنَةُالله

Orang yang Hafal Alqur'an,
(Besok dihari Mahsyar) Adalah Pembawa Bendera Agama Islam.
Barang siapa yang Memuliyakannya (Hamilul Qur'an),
Maka Sungguh Allah SWT Akan memulyakannya.
Dan barangsiapa yang Sengit/Benci (Hamilul Qur'an),
Maka Sungguh Allah SWT Sengit/Benci pada nya.

Alkisah...
Sewaktu Beliau (Yai Manshur) Nderek aken Simbah Arwani dalam sebuah Acara Hataman di Pondok Jawa Timur, tepatnya di Pondok Simbah Kiyai Hamid Pasuruan. Yai Manshur tidak mau duduk di tempat atas yang sudah disiapkan sebelumnya, bersanding dengan para Kiyai dan Masyayikh lain yang diantaranya Simbah Arwani. Sampai simbah Arwani Memanggilnya...

"Manshur.... Kemarilah... !!! Duduklah disampingku..."
Yai Manshur menjawab, "Mboten Mbah... saya dibawah sini saja" (Kumpul dengan Orang-orang umum)
Simbah Arwani Memanggilnya kembali...
"Manshur... Kemarilah,Duduk disampingku."
Yai Manshur tetap Enggan Beranjak dari tempat duduknya....

Akhirnya Simbah Yai Hamid bangkit dan menghampiri Yai manshur ditempat duduknya yang kumpul dengan orang umum. Dengan mimik wajah yang agak kesal, Simbah Kiyai Hamid Dawuh seolah ndukani Yai Manshur....
"AKU ORA KEPINGIN MULYAKNO AWAKMU, TAPI AKU PINGIN HURMAT MARANG ALQUR'AN SENG ONO NOK NJERO NING ATIMU" (Aku tidak ingin memuliyakan dirimu, Tapi Aku hanya Inginmemuliyakan Alqur'an yang ada dalam hatimu)

Subhanallaah... Yai Manshur dengan linangan air mata keharuan ahirnya beranjak duduk disamping simbah Arwani.

Semoga dan Semoga sedikit Kisah ini mampu membuat kita semua untuk semakin mencintai Alqur'an serta menghormati Haamilul Qur'an. Sebagai mana Auliya' Allah simbah Hamid yang terkenal Ke'alimannya dalam memuliakan seorang Khodim Simbah Arwani...

Sumber : Thoriqoh Yanbu'a

0 komentar:

Post a Comment